Jumat, 27 Mei 2011

Cuka Apel sehatkan jantung

Cuka apel yang merupakan fermentasi dari sari apel ternyata memiliki khasiat yang sangat penting bagi tubuh, terutama jantung. Buah ini sekarang tidak hanya sekedar untuk dikonsumsi secara langsung saja. Manfaat ini diketahui dari hasil penelitian di Minnesota.
Seperti dikutip dari Daily Mail, sebuah penelitian di Minnesota, Amerika Serikat, mengungkap, konsumsi sesendok atau dua sendok cuka apel setiap hari bermanfaat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.
Para peneliti meyakini bahwa mereka yang mengonsumsi cuka apel secara rutin selama delapan minggu akan mengalami peningkatan kadar kolesterol baik, sekaligus efektif menekan kolesterol jahat (LDL) penyumbat pembuluh darah.
Penelitian dilakukan terhadap 120 partisipan yang dibagi dalam dua kelompok. Masing-masing kelompok mendapat perlakukan berbeda. Kelompok pertama, mendapat asupan cuka secara rutin. Sementara kelompok lainnya, mengasup suplemen kosong atau plasebo.
Studi terpisah dilakukan terhadap sejumlah hewan percobaan dengan diabetes. Tak hanya efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik, cuka apel juga baik untuk menurunkan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan. Cuka apel diyakini dapat mempercepat pembakaran lemak. (Vivanews.com)

2 komentar:

kita sering bingung tentang kolesterol,,
karena apa yang kita konsumsi berhubungan dengan penggorengan,,
dan berpikir untuk makanan rebus saja agar rendah kolesterol,,
tapi thans gan infonya,,tentang cuka apel yang manfaatnya luar biasa

Posting Komentar